//
you're reading...
Tips

Terapi Film

Film memiliki beberapa manfaat jika Anda dapat memilih jenis film yang tepat dan sesuai dengan keadaan Anda. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat film menurut jenis filmnya. Dengan mengetahui keadaan dan kebutuhan Anda saat ini, Anda dapat menjadi terapis bagi diri Anda sendiri!

a. Tawa bekerja sebagai obat

Tawa dapat membangun jarak terhadap masalah dan meningkatkan rasa kesejahteraan: Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa tawa dapat meningkatan aktivitas sistem kekebalan (sel T, imunoglobulin A dan G, gamma interferon, dan Natural Killer Cells). Tertawa juga dapat mengurangi hormon stres, yang menyempitkan pembuluh darah dan menekan aktivitas hormon (epinefrin dan dopamin).

Jika Anda terobsesi terhadap sesuatu dan hanya ingin mendapatkan sedikit liburan dari masalah Anda, film yang lucu dapat menjadi alat yang ampuh. Ini bukan tentang “melarikan diri” dari masalah Anda. Hal ini mungkin membantu Anda untuk mendapatkan solusi dengan lebih sedikit keterlibatan emosional dan perspektif yang segar dan kreatif. Jika saat ini Anda merasa sudah baik tapi masih ingin meningkatkan rasa kesejahteraan, lihatlah film yang membuat Anda tertawa.

Film yang membuat Anda tertawa tergantung pada selera, kepribadian, dan situasi kehidupan.

b. Menangis sebagai katarsis emosional

Peneliti menemukan alasan mengapa kita merasa lebih baik setelah menangis. Mereka menemukan dua neurotransmitter penting dalam air mata, yang melepaskan stres emosional. Leucine-enkephaline adalah salah satu dari opiat alami otak yang terkait dengan pereda nyeri, sedangkan prolaktin dilepaskan dari kelenjar hipofisis sebagai respons terhadap stres. Dengan menangis, emosi yang terpendam dapat menemukan jalan keluar di tempat lain seperti pada bisul, radang usus besar dan gangguan yang terkait dengan stres.

Kadang-kadang kita mengalami tantangan dalam hidup kita, seperti kerugian atau kekecewaan, mungkin begitu kuat sehingga air mata bahkan tidak muncul, walaupun kita tahu dari pengalaman bahwa kita akan merasa lebih baik jika menangis. Sebuah film yang membuat Anda menangis dapat merangsang pelepasan emosional yang Anda butuhkan. Hal ini dapat mengangkat semangat Anda untuk saat ini dan membuka pintu untuk sebuah perspektif baru. Proses penyembuhan emosional Anda bisadi mulai dengan cara ini.
c. Mendapatkan harapan dan semangat

Tidak ada film yang dengan sendirinya dapat membalikkan pandangan dunia yang negatif. Tapi jika Anda saat ini merasa tidak berdaya dan putus asa, film yang di mulai dengan cerita mengenai keputusasaan dan berakhir pada kemenangan dapat memberikan harapan. Jika Anda dapat mengidentifikasi karakternya, terperangkap dalam keadaan mereka, dan berbagi kekecewaan mereka, serta merasakan langkah-langkah gontai menuju pembebasan, Anda mungkin menemukan alasan untuk bersikap optimis terhadap situasi Anda sendiri. Anda bisa mendapatkan keberanian untuk melakukan apa yang penting untuk mengubah situasi Anda.

d. Mempertanyakan keyakinan negatif tentang diri Anda dan menemukan kembali kekuatan Anda

Kadang-kadang Anda mungkin memegang keyakinan negatif tentang diri Anda. Pada saat Anda tidak menyadari kekuatan Anda dan cara Anda  mendapatkannya. Anda butuh bantuan untuk mengingat kekuatan yang terlupakan atau tidak maksimal sebelumnya, dan menjadi sadar kembali terhadap kekuatan Anda dan menggunakannya. Biarkan diri Anda mengidentifikasi karakter film yang kadang naik atau turun, seperti yang terdapatdalam  hampir semua film. Apakah mereka menemukan solusi untuk masalah mereka melalui kemampuan yang Anda mungkin punya namun terlupakan? Kemungkinan besar, kemampuan ini tampaknya- entah bagaimana- akrab dan dapat Anda gunakan. Sebuah pergeseran dalam perspektif Anda dapat terjadi, ketika Anda mengenali sumber daya yang sesuai dengan keadaan Anda sendiri.

Integrasi “kehidupan tidak nyata” ke dalam “kehidupan nyata” dapat terjadi ketika anda bercermin pada film melalui diri anda, atau dengan terapis, atau teman. Tanyakan kepada diri sendiri: Apakah saya memiliki kekuatan dan kemampuan yang sama dengan karakter yang terdapat pada film?namun kekuatan tersebut kurang optimal? Tulis kekuatan ini di atas selembar kertas. Tempatkan kertas ini di suatu tempat di rumah Anda di mana Anda sering melihatnya.

e. Memperbaiki komunikasi

Komunikasi Anda dengan pasangan, teman, atau rekan kerja Anda mungkin tegang karena Anda mencoba untuk mengkomunikasikan sebuah konsep yang asing bagi mereka. Beberapa film menunjukkan bagaimana komunikasi bisa salah. Anda dapat belajar dari film-film itu model komunikasi yang baik. Dengan seorang teman atau pasangan, Anda dapat menonton film bersama. Pilih sebuah film yang berisikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Sebuah film dapat menjelaskan sesuatu dengan mudah karena dipahami  melalui gambar. Dengan menonton film bersama-sama dan menjelaskan kepada pasangan atau teman Anda mengapa Anda memilih film tertentu, Anda mungkin dapat masuk ke percakapan yang lebih produktif. Film berfungsi sebagai metafora yang mungkin lebih akurat mewakili perasaan dan ide-ide, yang mana Anda merasa kesulitan dalam merangkai kata-kata.

Sumber: cinematherapy.com

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

November 2010
S S R K J S M
    Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: