//
you're reading...
Uncategorized

Anak Generasi Milenium Kurang Motivasi?

Jika anak Anda lahir antara tahun 1981-1996 atau mungkin sesudahnya, ia merupakan bagian yang dapat kita sebut sebagai “generasi milenium.” Anak-anak ini sering tumbuh sebagai pusat dari kehidupan orangtuanya, selalu dimanja, diberikan berbagai fasilitas kenyamanan, dan berbagai hal serupa. Beberapa sikap ini sangat positif, meskipun tidak semuanya.

Berdasarkan penelitian, anak-anak pada generasi ini telah beradaptasi terhadap dunia modern dan telah memiliki pemahaman yang kuat pada kemajuan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi portabel. Anda tentu tahu bagaimana anak Anda sering berkirim SMS, mengecek Facebook berulangkali, Chatting, dsb. Namun, hal ini juga berarti anak-anak cenderung bergantung pada teknologi tersebut. Seiring dengan rasa kepuasan instan yang didapatkan, keterikatan dengan teknologi tersebut membuat anak-anak menjadi konsumtif, sehingga menyebabkan mereka yakin bahwa tujuan hidup mereka hanya untuk mendapatkan uang dan kemudian membelanjakannya. Sifat lain dari generasi ini adalah bahwa mereka mempertanyakann segala sesuatu, termasuk otoritas dan aturan tradisi, lebih dari anak-anak pada generasi sebelumnya.

Sementara pertanyaan-pertanyaan mengenai aturan tradisi membuat genarasi ini berpikir dengan cara baru, hal itu juga menyebabkan mereka mempertanyakan diri mereka sendiri dan arah hidup yang mereka ambil di setiap kesempatan. Mereka cenderung untuk belajar menunda untuk memandu diri mereka, mengambil waktu untuk lebih lama menyelesaikan pendidikan mereka, hidup lebih lama dengan orangtua mereka, menuda menikah, dan memiliki anak di luar perkawinan pada tingkat yang semakin meningkat.

Sepanjang masa kecil mereka, anak-anak generasi ini telah diisi dengan olahraga, kelompok bermain, dan kegiatan terorganisir lainnya lebih dari anak-anak sebelum mereka. Yang pasti, kegiatan ini telah memberikan hal positif – aktivitas tersebut menawarkan banyak pengalaman indah dan beragam. Namun, terlalu banyak kegiatan terstruktur dapat merampok kemampuan untuk berimajinasi dan bermain yang datang dengan cara yang alami pada anak-anak. Ketika mereka tumbuh, mereka terus memerlukan banyak struktur dan harus diberi ekspektasi yang jelas pada setiap langkahnya, bahkan sebagai orang dewasa.

Selain itu, genarasi milenium telah tumbuh dalam budaya yang lebih aman dibandingkan sebelumnya (bandingkan dengan genarasi yang hidup pada masa Perang Dunia!). Namun, saat ini kita hidup di dunia yang dipenuhi oleh media (internet dan televisi) dan karena peningkatan liputan media tersebut pada peristiwa-peristiwa yang buruk, kita terus mengkhawatirkan keselamatan anak-anak kita. Dalam upaya untuk melindungi anak-anak dari bahaya, orang tua kadang-kadang tanpa disadari menjaga anak-anaknya dari membuat kesalahan dan mengambil risiko, yang sebenarnya memungkinkan mereka untuk mengembangkan kompetensi dan keberanian yang diperlukan untuk kehidupan.

Hasil kumulatif dari faktor-faktor ini memunculkan generasi muda yang cenderung untuk kurang memiliki dorongan diri, yaitu kekuatan untuk mendorong kehidupan mereka ke depan. Akibatnya, banyak anak-anak dari generasi ini tampak tidak menginginkan dan tidak menyadari apa yang ditawarkan oleh kehidupan dan bagaimana cara mendapatkannya. Mereka meyakini bahwa segala sesuatu akan berjalan untuk mereka dan ada saat mereka membutuhkannya. Mereka percaya bahwa kehidupan akan berjalan dengan baik, dengan atau tanpa usaha yang mereka hasilkan. Anak-anak muda saat ini cenderung seperti daun jatuh yang membiarkan kemanapun angin membawanya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Mei 2011
S S R K J S M
« Nov    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: